Khasiat dari kembang sepatu

| Kamis, 14 Maret 2013


Kembang sepatu dengan nama Latin (Hibiscus rosa-sinensis L.) tanaman Kembang Sepatu ini berasal dari Asia Timur tanaman ini biasanya ditanam sebagai tanaman penghias pekarangan rumah, tanaman ini hidup di daera tropis maupun subtropis. Bunga dari tanaman ini tunggal memiliki mahkota bunga diujung bunga. Bunga ini ditetapkan sebagai bunga nasional Indonesia pada tanggal 28 Juli 1960. Orang Jawa menyebutnyakembang worawari.
  • Ciri Ciri tanaman :
Bunganya mempunya kurang lebih 5 Klopak bunga pada setiap tangkai, dan pada umumnya tanaman ini tingginya bisa mencapai 5 meter, dengan daun bulat dan meruncing.
  • Khasiat dari kembang sepatu :
Penyembuh Luka :
Daun dan bunga sepatu mempunyai khasiat antiseptik. Oleh karena itu dapat digunakan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Cukup dengan cara sederhana saja, yaitu dengan menumbuk daun dan bunga yang sudah dicuci bersih menjadi semacam tapel dan langsung ditempelkan pada daerah luka.
Khasiat itu pun sudah didukung hasil penelitian ilmiah yang menggunakan ekstrak bunga sepatu untuk penyembuhan luka buatan pada hewan coba tikus. Hasilnya sungguh menggembirakan dan menunjukkan prospek yang baik.

Atasi Flu :
Bagi yang ingin bebas dari gangguan penyakit pada saluran napas, cobalah minum rebusan bunga, daun atau akar kembang sepatu. Rebusan itu terbukti bisa mengatasi gangguan napas pada keadaan flu, misalnya batuk, juga gangguan asma dan bronchitis.
Cara lain yang sering dilakukan juga untuk tujuan itu adalah menghirup uap rebusan bunga atau menggunakannya untuk berendam.*
Sumber :
  1. Dari berbagai sumber
  2. Dr Mangestuti, Apt., MS
  3. Departemen Farmakognosi dan Fitokimia
  4. Fakultas Farmasi
  5. Universitas Airlangga
  6. http://www.nyata.co.id

1 komentar:

  1. terimakasih banyak atas infonya gan,selain bunga sepatu bagus tuk mempercantik rambut. ternyata bunga sepatu sangat bagus tuk mengobati segala penyakit seperti,menyembuhkan luka,dan juga bisa mengatasi flu.selamat mencoba deh bagi anda yang sekarang ini mempunyai penyakit tersebut, denga menggunakan daun bunga sepatu.makasih

    BalasHapus

Next Prev
▲Top▲