Manfaat Mengkudu

| Minggu, 17 Maret 2013

Kalau sudah mendengar dengan buah mengkudu, maka anda berpikir dengan baunya tak sedap, rasanya yang tidak mengenakkan. Tapi buah mengkudu ini dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti sakit kuning, influenza, demam, hipertensi, sakit perut, batuk, dan menghilangkan sisik pada kaki. Ada beberapa manfaat mengkudu yang bisa anda buat untuk beberapa penyakit sebagai berikut.

Untuk Sakit Kuning
Siapkan 2 buah mengkudu yang sudah masak dan 1 potong gula batu. Caranya buah mengkudu diperas lalu ambil airnya, lalu campurkan dengan madu aduk sampai merata dan saring. Minum dan diulangi dua kali sehari.

Demam (Masuk Angin dan Influenza)
Rebus satu buah mengkudu dan satu rimpang kencur dengan dua gelas air, masak hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas saja, lalu saring. Minum dua kali sehari pagi dan sore.

Hipertensi
Ambil 2 buah mengkudu lalu diperas untuk diambil airnya. Kemudian campurkan dengan madu sampai merata dan saring. Minumlah dua kali sehari.

Sakit Perut
Ambil 2-3 lembar daun mengkudu kemudian daun ditumbuk hingga halus, tambahkan sedikit garam dan diseduh dengan air panas. Setelah dingin, saring dan siap untuk diminum.

Batuk
Satu buah mengkudu dan 1/2 genggam daun poo (bujanggut). Kedua bahan tersebut direbus dengan gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Kemudian disaring, di minum pagi dan sore.

Menghilangkan Sisik pada Kaki
Buah mengkudu yang sudah masak digosokkan pada bagian kaki yang bersisik tersebut hingga merata. Biarkan selama kurang lebih 5-10 menit. Kemudian bersihkan dengan kain bersih yang sudah dibasahi dengan air hangat.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲