Pengertian Modem dan Fungsi Modem

| Senin, 04 Maret 2013


Pengertian Modem dan Fungsi Modem :: pada postingan kali ini kita akan membahas pengertian modem serta fungsi modem. MOdulator DEModulator itulah kepanjangan dari Modem. Lalu apa itu Modulator? menurut wikipedia Modulator adalah merubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (Carrier) kemudian siap untuk segera dikirimkan, sedangkan pengertian Demodulator bertugas untuk memisahkan sinyal informasi yang berisi data atau pesan dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.
Jadi Modem merupakan penggabungan atar keduanya, jadi pengertian modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh 2 arah, umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, DLL. namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Pengertian Modem dan Fungsi Modem
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Ketika sampai di modem yang dituju, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Secara fisik modem dibagi menjadi dua jenis yaitu Modem Eksternal dan Modem Internal.
ADVERTISEMENT    

Modem Terdiri atas 3 jenis yaitu:

  1. Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel
  2. Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital
  3. Modem ADSL
  4. Modem GSM
  5. Modem CDMA
  6. Modem 3GP

Fungsi Modem

Fungsi modem yaitu untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya. sekarang ini modem telah berkembang dengan berbagai fasilitas yang cukup bermanfaat, misalnya voice modem. Dengan adanya fasilitas voice modem ini, maka fungsi modem bukan hanya sebagai penyambung ke internet tetapi lebih dari itu, modem dapat juga menjadi saluran audio, radio, percakapan telepon dan streaming video.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲