Bunga Lavender dan Berbagai Manfaatnya

| Sabtu, 30 November 2013


 Bunga Lavender yang Mungil dengan Banyak Manfaat
Bunga berbentuk kecil dan berwarna ungu ini memiliki nama latin Lavandula afficinalis syn.L. angustifolia (Lamiaceae), itulah wujud dari bunga lavender. Tanaman yang tumbuh baik di ketinggian 600 –1.350 m dpl, di mana semakin tinggi tempat tumbuhnya, semakin baik kualitas minyak yang dihasilkannya. Selain biasa digunakan sebagai campuran untuk lotion anti-nyamuk. Siapa sangka jika Bunga Lavender memiliki manfaat lainnya.

Mau tau apa saja manfaat dari bunga lavender? Simak post berikut;

Manfaat dan Kegunaan Bunga Lavender

1. Bunga Lavender Digunakan sebagai Parfum.
Di kawasan Eropa, tepatnya di Kota Paris, bunga lavender diolah sebagai bibit parfum yang juga digunakan oleh masyarakat setempat.

2. Bunga Lavender Ritual Keagamaan.
Selain itu, bunga lavender juga biasa dimanfaatkan sebagai mediator kepada sang pencipta di upacara keagamaan. Bunga lavender dipercaya dapat menyampaikan pesan kepada pencipta.

3. Bunga Lavender Sebagai obat.
Sejak jaman Romawi kuno, bunga lavender dapat digunakan untuk meredakan atau mengobati beberapa penyakit.

4. Bunga Lavender sebagai Obat anti-nyamuk.
Menanam bunga lavender di depan rumah (meski tidak menggunakan lotion anti nyamuk), dapat terhindar dari gigitan nyamuk yang biasa masuk ke rumah.

5. Bibit Bunga Lavender bisa Diolah Menjadi Berbagai Macam Produk.
Bunga mungil ini memiliki banyak manfaat untuk diolah menjadi lotion anti nyamuk, aroma terapi, parfum, minyak gosok, ramuan mandi, hingga obat-obatan.


Mengapa bunga lavender memiliki banyak manfaat?

Adapun komposisi utama dalam minyak lavender adalah linalool asetat yang mampu mengendorkan dan melemaskan sistem kerja urat-urat syaraf dan otot-otot yang tegang. Karena khasiat inilah bunga lavender sering digunakan sebagai bahan lotion antinyamuk, aromaterapi, parfum, minyak gosok, ramuan untuk mandi dan obat-obatan.

Untuk cara penanaman bunga lavender tergolong sangat mudah dan murah, tinggal sebar bijinya yang sudah tua, maka tumbuhlah dia. Harganya juga terjangkau lho, harganya sekitar 5-7 ribu rupiah per kantong plastik ukuran 3 x 5 cm, kira-kira isinya 30-50 biji lavender siap tanam dan mudah didapat juga tentunya, tinggal beli saja di toko bunga atau mas-mas penjual bunga yang biasa nongkrong di pinggir jalan.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲