Cara Cloning Antar Harddisk Tanpa Software

| Rabu, 27 November 2013


Cara Cloning Antar Harddisk Tanpa Software - Istilah kloning / cloning harddisk sering dilakukan untuk mengkopy data computer yang kapasitasnya terlalu besar atau data yang terlalu banyak ataupun program-program yang berkapasitas besar. Jadi dengan mudahnya anda menggandakan atau duplikat program tanpa harus menginstall ulang di computer lain yang anda miliki dan nantinya harddisk hasil cloning isinya sama persis dengan harddisk yang menjadi masternya. Yang paling penting harddisk yang baru anda beli terlebih dahulu di format agar dapat diproses untuk cloning harddisk.

Biasanya proses cloning harddisk ini dilakukan oleh jasa pemasang warnet yang memang memerlukan waktu yang efisien agar proses penggandaan data / program berjalan cepat. Dan anda juga dapat belajar bagaimana cara mengkloning harddisk pada computer anda sendiri supaya tidak repot-repot lagi memanggil teknisi computer.

Proses cloning antar harddisk ini biasanya dilakukan dengan bantuan software, Norton Ghost atau yang lainnya, nah kali ini saya akan berikan tips cloning harddisk tanpa bantuan software apapun yaitu dengan Windows Explorer dengan menggunakan sistem copy dan paste file yang prosesnya sangat mudah sekali.

Cara Cloning Antar Harddisk Tanpa Bantuan Software :

1. Langkah pertama anda harus membuat partisi dan memformat harddisk anda.

2. Pasang kabel pada masing-masing harddisk pada mainboard. Harddisk yang satu sebagai Master dan harddisk yang baru sebagai Slave / target.

3. Selanjutnya klik kanan pada menu Start yang ada di pojok kiri bawah computer anda lalu pilih Explorer.

Cara Cloning Antar Harddisk Tanpa Software

4. Pada menu bar klik Tools => Folder Options => View

Cara Cloning Antar Harddisk Tanpa Software

5. Centang tanda Show hidden files and folders. Selanjutnya klik Apply dan OK

Cara Cloning Antar Harddisk Tanpa Software

6. Pada harddisk master silahkan pilih folder yang berisikan file / program, Lalu klik kanan folder tersebut dan pilih copy kecuali folder Windows.

7. Pindah ke harddisk slave / target, lalu klik kanan dan pilih paste. Berikutnya buat folder baru dengan nama Windows pada root directory.

8. Di harddisk master silahkan klik folder Windows, lalu pilih semua file dan folder dan pastekan ke folder Windows  pada harddisk target kecuali file Win386.swp.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲