7 Aplikasi yang harus ada di komputer atau laptop

| Selasa, 26 Februari 2013

Aplikasi merupakan alat pembantu bagi kita untuk dapat melakukan hal-hal tertentu yang kita butuhkan yang terdapat di komputer. Tapi tahukah anda bahwa ada beberapa aplikasi yang paling diperlukan dan harus ada pada komputer kita. Untuk itu saya akan berbagi tips kepada anda tentang beberapa 7 Aplikasi yang harus ada pada komputer atau laptop.
Setelah di instal ulang, biasanya komputer kembali pada keadaan semula. Semua aplikasi yang ada dikomputer kita dan sudah terinstal sebelumnya akan hilang. Itu karena partisi sistem dihapus pada saat proses instal ulang komputer, dan aplikasi yang sudah terinstal pada sistem terebut akan ikut terhapus. Setelah komputer selasai di instal ulang, kemudian instal driver hardware dan aplikasi lainya yang di butuhkan.
Dan ada beberapa aplikasi yang lebih utama yang pertama kali harus ada pada komputer kita. Berikut dibawah ini beberapa 7 Aplikasi yang harus ada pada komputer atau laptop.
1. Antivirus
Antivirus adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melindungi, mendeteksi, dan menghapus virus berbahaya yang dapat merusak sistem komputer. Pada umunnya, antivirus bekerja sebagai "background" dengan melakukan pemindaian terhadap file yang diakses, dibuka, diedit, atau disimpan. Program antivirus sekarang telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi spyware, rootkits, dan malware-malware lainnya.
Download Antivirus
2. WinRAR
Ini merupakan aplikasi yang paling penting dan setiap komputer wajib memilikinya karena kebutuhannya begitu sangat terasa. Aplikasi ini berfungsi sebagai pengompres file. Seperti beberapa file dapat dikompres oleh WinRAR menjadi satu file berekstentsi ".rar"(tanpa tanda kutip). WinRAR juga dapat mengompres (memadatkan) file hingga 40% dari ukuran semula. Contohnya sebuah file berukuran 100MB dikompres dengan WinRAR sehingga ukurannya menjadi 50MB.
Download  WinRAR
3. Microsoft Office
Bagi pengguna sistem operasi Windows, baik windows XP maupun Windows 7, aplikasi ini sangat diperlukan untuk melakukan pekerjaan seperti membuat suarat, membuat presentasi, membuat daftar entri, dan sebagainya. Ada beberapa program yang terdapat pada Microsoft Office ini seperti Word, Excel, PowerPoint, dan lainnya.
Download  Microsoft Office
 
4. Music Player
Aplikasi ini berfungsi sebagai Pemutar lagu pada komputer kita. Biasanya Windows sudah meneydiakan aplikasinya yaitu Windows Media Player yang dapat memutar musik dan video. Namun Windows Media Player tidak bisa membaca semua ekstensi file musik dan video. Dan saya sarankan anda untuk menggunakan music player lain yang lebih bagus. Ada beberapa aplikasi pemutar musik yang terkenal seperti Winamp, AIMP, dan yang lainnya.
Download  Music Player

5. Video Player
Video Player adalah aplikasi untuk membuka file video. Seperti yang saya sebut diatas, Windows biasanya memiliki pemutar video yaitu Windows Media Player. Dan WMP juga tidak bisa membaca semua ekstensi video.  Dan lebih baik anda menggunakan video pleyer lain seperti Media Player Clasic, KMPlayer, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Download  Video Player

6. PDF Reader 
Software ini digunakan untuk membaca atau membuka file PDF. PDF adalah sebuah format berkas yang di buat Adobe Systems pertamakali pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Banyak aplikasi PDF Reader yang bisa anda gunakan seperti Adobe Reader, Foxit Reader, atau yang lainnya.
Download  PDF Reader
7. Browser
Browser adalah aplikasi untuk membuka halaman web yang disediakan oleh web server. Windows biasanya sudah memiliki Browser sendiri, yaitu Internet Explorer. Tetapi sekarang banyak Browser yang terkenal lainnya seperti Mozilla Firefox dan Google Crome.
Diatas merupakan 7 Aplikasi yang harus ada pada komputer atau laptop ketika komputer baru terinstal. Jika Semua Aplikasi diatas sudah terinstal, barulah anda boleh menginstal aplikasi pendikung lainnya yang anda butuhkan. Saya sarankan agar Antivirus yang pertama kali diinstal, karena keamanan komputer lebih utama.
Demikian postingan saya mengenai 7 Aplikasi yang harus ada pada komputer atau laptop yang semoga dapat bermanfaat bagi anda yang membacanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲