Pengertian dan Jenis - Jenis Modem

| Selasa, 26 Februari 2013

Pengertian dan Jenis - Jenis Modem - Halo Sahabat Pasti Sudah banyak yang Mengetahui Apa itu Modem . jika belum tahu saya jelaskan lagi, Modem merupakan Modulator Demodulator , Mari kita artikan satu dari kedua Istilah Tersebut.. 
  • Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog. 
  • Sedangkan Demodulator adalah Suatu Rangkaian yang berfungsi melakukan Proses Demodulasi . yaitu proses mendapatkan kembali data atau proses membaca data dari sinyal yang diterima dari pengirim. Dalam demodulasi, sinyal pesan dipisahkan dari sinyal pembawa frekuensi tinggi. Data yang berupa sinyal Analog diberubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa terbaca di komputer penerima. 
  • Modulasi Demodulasi dapat diartikan Sebagai Denyut Elektronis dari komputer menjadi suara sehingga dapat dihantarkan melalui Jaringan Telepon atau signal . jadi Modem Merupakan Alat Komunikasi 2 Arah
  • Fungsi Utama dari modem adalah Menghantarkan dan menerima data dari sebuah PC ke sebuah PC melalui jaringan telepon atau signal . 
Prinsip Kerja Modem dalam Mengubah Sinyal adalah Sebagai Berikut : 
  1. Sinyal Di Kirimkan melalui Jaringan Telepon 
  2. Modem akan Menerima Sinyal tadi untuk kemudian diubah Menjadi Denyut Elektronis 
  3. Sinyal yang telah di Ubah Menjadi Denyut Elektronis kemudian dikirimkan ke Komputer untuk diproses dalam Processor
  4. Komputer akan Menerjemahkan denyut Elektronis yang masuk untuk kemudian dikeluarkan dalam bentuk audio maupun visual.
Dalam Mengakses Internet Kecepatan Modem sangat Mempengaruhi Kecepatan kita dalam Browsing .
Karena Peran Modem sangat Penting , Maka Perlu yang dipertimbangkan antara lain sebagai berikut : 
1. Jenis Modem 
Modem External
  • Jenis Modem Berdasarkan Letak dan Sambungan dengan Komputer , modem dapat dibedakan menjadi 2 yaitu : 
  • - Modem External sudah di ketahui dari namanya modem external yang memiliki ciri yaitu letaknya yang berada diluar komputer . umumnya dipasangkan pada Serial port atau USB pada CPU. Kelebihan Modem ini adalah Cenderung Memakan Tempat karena untuk Meletakkannya di perlukan Tempat tersendiri , dan juga relatif mahal harganya .
  • - Modem Internal adalah Jenis Modem yang di pasangkan pada bagian dalam CPU misalnya Slot PCI ( atau pada motherboard tertentu sudah dilengkapi modem dari pabriknya ) karena Letaknya dalam CPU , Modem ini tidak Memerlukan tempat tersendiri . Untuk card modem komputer, slot PCI atau kadang-kadang slot ISA dibutuhkan, tergantung interface motherboard yang tersedia untuk menerima modem.
    Modem InternalInternal Computer Modems digunakan dengan koneksi internet dial-up melalui sepasang koneksi RJ-11. Juga dikenal dengan kabel telepon tembaga, RJ-11 memampukan komputer untuk menerima dan mengirim data sebagaimana yang diterangkan di atas.
    Modem komputer internal biasanya merupakan modem 56K yang berarti bahwa modem itu mampu menerima data sebesar 56 Kbits/detik ( 56 kilobits atau 56.000 bit per detik). Jenis transmisi data ini disebut transmisi downstream, datang dari provider dan ditransmisikan melalui kabel telepon. Umumnya besaran data ini merupakan bandwith standar untuk kabel telepon.
    Akan tetapi karena Internet mempunya sistem dua arah, data juga harus dikirim dari klien ke provider (server). Untuk tujuan ini komputer bisa menggunakan modem 56K V90 untuk mengirim data dalam transmisi upstream sebesar 33,6 Kbits/s. Di sisi lain, modem V 92 56 K mampu mengirim 48 Kbits/s transmisi upstream. adalah sifat nya yang tidak kompatibel dengan semua jenis komputer sehingga jenis ini tidak dapat di gunakan pada semua Komputer. 
  • Berikut Jenis jenis Modem berdasarkan jaringan atau media 
Modem kabel
Merupakan modem untuk aksesnya menggunakan jaringan kabel, misalnya seperti jaringan kabel telepon. Modem kabel menggunakan sumbu kabel jaringan televisi untuk menyediakan bandwitdth yang hebat dibandingkan modem komuter dial up. Akses yang benar-benar cepat ke Web yang disediakan oleh modem kabel dengan transmisi downstream hingga 38 Mbits/s dan transmisi upstream hingga 1 Mbits/s.
Modem DSL ( Digital Subscriber Line) secara eklusif digunakan untuk koneksi dari telepon kantor yang dipindahkan ke pengguna.
Teknologi ini, tersedia dan seringkali dipakai, dipisahkan dalam dua kategori utama :
  1. ADSLor Asymetric Digital Subcriber Line biasanya digunakan di Amerika Utara dan mendukung transmisi downstream dari 1,5 Mbits/s hingga 9 Mbits/s dan transmisi upstream hingga 3 Mbits/s.
  2. SDSL. SDSL or Symetric Digital Subcriber Line biasanya digunakan di Eropa dan mempunyai besaran downstream dan upstream data yang sama yaitu sekitar 128 Kbits/s.
- Modem Wireless
Teknologi wireless untuk akses data merupakan bagian dari jaringan komputer yang biasanya tidak disebut modem, tetapi menggunakan istilah lain yang telah disepakati, seperti modem GSM, modem CDMA, modem HSDPA, dan modem HSUPA.

Berdasarkan Teknologi Sekarang 

- Modem Analog 
Modem yang digunakan sebelum speedy dan internet provider GSM, merambah dunia internet kita terhubung ke internet melalui dialup modem analog. Cara kerjanya adalah  Modem  mengganti (modulasi) sinyal digital (representasi bit: 0 & 1 saja) dari komputer ke sinyal analog saat sinyal itu melalui medium seperti saluran telepon kemudian modem pada komputer tujuan akan mengubah (demodulasi) sinyal analog tersebut ke digital kembali agar dipahami oleh komputer. Modem Analog ini terdiri 2 jenis modem yaitu modem analog internal danexternal.  Modem analog Internal berbentuk papan elektronik yang akan dipasang pada papan induk di slot PCI yang kosong.  Modem analog External pula akan di pasang secara standalone dimana ia bisa di on dan off tanpa tergantung pada komputer.  Ia bisa diinstal berdasarkan jenisnya.  Antara port yang bisa dipasang modem external adalah serial port, usb port dan fire wire port (tercepat).
- Modem ADSL 

ADSL Modem
Modem ADSL adalah teknologi baru dikembangkan, tidak terbatas pada frekuensi voiceband audio dan telepon.  Beberapa modem ADSL menggunakan frekuensi coded orthogonal frequency division modulation ( (DMT, untuk MultiTone Diskrit, juga disebut COFDM, untuk TV digital di sebagian besar penguna di dunia) Kabel modem menggunakan rentang frekuensi awalnya ditujukan untuk penggunaan saluran televisi RF.  Beberapa kabel modem terpasang pada kabel tunggal  dan dapat menggunakan band frekuensi yang sama, menggunakan  protokol akses media tingkat rendah (low-level media access protocol)  memungkinkan akses  saluran yang sama.  Biasanya, sinyal ‘atas’ dan ‘bawah’ disimpan terpisah menggunakan divisi frekuensi multi akses (frequency division multiple access).
- Modem BroadBand

Modem Broadband adalah modem yang menggunakan teknologi jalur pita lebar untuk mengakses internet. Broadband adalah jaringan dan router yang masih asing bagi konsumen Ketika teknologi broadband ini diperkenalkan,  Namun, banyak orang tahu modem  adalah sebagai akses internet  melalui dial-up.  Karena pemahamn masyarakat mengena modem maka beberapa vendor mulai memproduksi dan menjual modem broadband  dengan menggunakan istilah akrab yaitu modem ketimbang menggunakan istilah yang  samar-samar  seperti adapter atau transceiver, atau bridge.Modem broadband masih harus digolongkan sebagai modem, karena menggunakan bentuk gelombang kompleks untuk membawa data digital.  Broadband  adalah perangkat lebih maju dibandingkan modem dial-up tradisional karena  mampu  melakukan  ratusan modulasi demodulasi saluran secara bersamaan.
GSM Modem- Modem GSM 
Modem GSM adalah modem yang  menggunakan teknologi sistem telepon selular ( GPRS , UMTS , HSPA , EVDO , WiMax , dll), dikenal sebagai modem nirkabel (kadang-kadang juga disebut modem selular).  Modem nirkabel dapat tertanam di dalam laptop atau  type alat  eksternal.  Modem nirkabel eksternal  berupa : connect card (karti koneksi), modem usb untuk mobile broadband dan router selular .  Sebuah kartu koneksi  adalah PC Card atau ExpressCard di tanamkan ke slot PCMCIA / PC Card/ ExpressCard slot pada komputer. USB modem nirkabel menggunakan port USB pada laptop.  Sebuah router selular mungkin memiliki datacard eksternal (AirCard) yang dimasukkanke dalamnya.  Sebagian besar router seluler membolehkan datacards atau modem USB. Perbedaan antara router dan modem seluler nirkabel adalah router seluler biasanya memungkinkan beberapa orang untuk menghubungkan pada waktu yang bersamaan  (karena dapat rute, atau dukungan multipoint untuk koneksi multipoint), sedangkan modem dibuat hanya untuk satu koneksi.
- Modem CDMA
Modem CDMA  adalah modem nirkabel yang bekerja pada jaringan CDMA.  modem  CDMA nirkabel berperilaku seperti  Hayes compatible dial-up modem.  Perbedaan utama antara modem Hayes standar danmodem CDMA adalah bahwa modem hayes mengirim dan menerima data melalui saluran telepon tetap sementara modem  CDMA mengirim dan menerima data melalui gelombang radio. CDMA singkatan dari -Division Multiple Access, a digital , sebuah teknologi selular digital yang menggunakan teknik spread-spectrum. CDMA  mengacu pada salah satu dari beberapa protokol yang digunakan pada komunikasi nirkabel disebt generasi kedua (2G) dan generasi ketiga (3G). dari istilahnya menyiratkan, CDMA merupakan bentuk multiplexing, yang memungkinkan banyak sinyal menempati saluran transmisi tunggal, dan mengoptimalkan penggunaan bandwidth yang tersedia. Teknologi yang digunakan adalah ultra-tinggi-frekuensi (UHF) sistem telepon seluler di 800-MHz dan 1,9 GHz .
2. Kecepatan Modem 
  Kecepatan Modem adalah Kemampuan atau Kecepatan Modem untuk Mengubah Sinyal Menjadi Denyut elektronis untuk kemudian diproses dalam Processor Komputer. Dengan kemampuan ini maka kita dapat menyimpulkan bahwa semakin tinggi kemampuan modem maka proses penerjemahan sinyal menjadi denyut elektronis akan semakin cepat yang pada akhirnya proses akses akan berjalan dengan cepat. Untuk pemilihan berkaitan dengan kecepatan adalah pemilihan modem dengan kecepatan yang memenuhi syarat minimal kecepatan yang dipersyaratkan, dimana makin tinggi kecepatan modem akan semakin baik, tentu saja dengan konsekuensi harga yang semakin tinggi.


3. Kompresi
Kompresi adalah Kemampuan Modem untuk Mengompres atau Memadatkan data yang dikirim melalui Telepon . Suatu proses kompresi akan mengakibatkan kapasitas data menjadi semakin kecil sehingga diharapkan data akan semakin cepat untuk dapat diterjemahkan menjadi denyut elektronis yang pada akhirnya akan lebih cepat ditransfer ke dalam computer.
4. Eror Correction
Saluran telepon termasuk jenis saluran yang sangat sensitive. Dengan adanya sifat sensitive ini memungkinkan data yang dikirimkan melalui jaringan telepon akan mendapat gangguan. Sebuah modem yang akan dilengkapi dengan kemampuan error correction yang dapat mendeteksi dan mengoreksi error yang ditimbulkan sebagai akibat pengiriman melalui jaringan telepon tersebut.

0 komentar:

Poskan Komentar

Next Prev
▲Top▲