Jenis Teknologi Komunikasi Nirkabel

| Jumat, 22 Februari 2013
Jenis Teknologi Komunikasi Nirkabel – teknologi komunikasi Nirkabel / Wireless mendefinisikan metode komunikasi mungkin tanpa koneksi fisik langsung antara dua pihak, sebagian besar menggambarkan sistem berbasis gelombang radio. Sistem komunikasi nirkabel pertama mulai digunakan pada akhir abad ke-19, dan teknologi yang telah matang secara signifikan selama tahun-tahun. Hari ini, banyak jenis perangkat menggunakan teknologi komunikasi nirkabel, yang memungkinkan pengguna untuk tetap berhubungan bahkan di daerah terpencil.
  
Jenis Teknologi Komunikasi Nirkabel
Radio
Radio komunikasi terbuka adalah salah satu teknologi nirkabel pertama untuk menemukan digunakan secara luas, dan masih memiliki tujuan hari ini. Multichannel radio portabel memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi jarak pendek, sementara radio umum dan radio maritim menyediakan layanan komunikasi untuk masyrakat umum dan pelaut. Radio penggemar berbagi informasi Ham dan berfungsi sebagai alat bantu komunikasi darurat selama bencana dengan peralatan penyiaran kuat amatir mereka, dan bahkan dapat berkomunikasi data digital melalui spektrum radio.


Seluler
Jaringan selular menggunakan link radio dienkripsi, dimodulasi untuk mengizinkan pengguna yang berbeda untuk berkomunikasi di seluruh pita frekuensi tunggal. Karena handset individu tidak memiliki kekuatan yang signifikan penyiaran, sistem bergantung pada jaringan menara seluler, mampu triangulating sumber sinyal apapun dan menyerahkan tugas resepsi ke antena yang paling cocok. Transmisi data melalui jaringan selular adalah mungkin, dengan sistem 3G yang modern mampu kecepatan mendekati bahwa dari DSL kabel atau sambungan kabel. Seluler penyedia biasanya meteran layanan mereka, pengisian pelanggan pada menit untuk suara dan oleh megabyte untuk data.


Satelite
Satelit komunikasi merupakan teknologi nirkabel yang telah menemukan digunakan secara luas dalam situasi khusus. Perangkat ini berkomunikasi langsung dengan satelit yang mengorbit melalui sinyal radio, yang memungkinkan pengguna untuk tetap terhubung hampir di mana saja di Bumi. Telepon satelit portabel dan modem menampilkan siaran yang lebih kuat dan perangkat keras daripada perangkat selular resepsi karena jangkauan meningkat, dan Sejalan lebih mahal. Untuk instalasi semi permanen atau permanen, seperti perlengkapan kapal untuk komunikasi satelit, sistem komunikasi yang lebih tradisional dapat membuat link ke uplink satelit tunggal, memungkinkan beberapa pengguna untuk berbagi peralatan broadcast yang sama.
  
Wi-Fi
Wi-Fi adalah bentuk rendah daya komunikasi nirkabel yang digunakan oleh komputer dan perangkat genggam elektronik. Dalam setup Wi-Fi, router nirkabel berfungsi sebagai pusat komunikasi, menghubungkan perangkat portabel untuk koneksi internet kabel. Jaringan ini sangat terbatas dalam jangkauan karena kekuatan rendah dari transmisi, yang memungkinkan pengguna untuk terhubung hanya dalam jarak dekat dengan repeater router atau sinyal. Wi-Fi umum dalam aplikasi jaringan rumah, memungkinkan pengguna untuk menghubungkan perangkat tanpa menjalankan panjang kabel, dan dalam aplikasi komersial di mana bisnis dapat menyediakan akses Internet nirkabel kepada pelanggan mereka. Jaringan Wi-Fi mungkin bebas untuk menggunakan, atau pemiliknya dapat mengamankan mereka dengan password dan pembatasan akses.

0 komentar:

Poskan Komentar

Next Prev
▲Top▲