Pengertian Router, Manfaat, Jenis, Cara Kerja, dan Pemasangannya

| Senin, 04 Maret 2013
Apa itu Pengertian Router? Jika mendatangi warnet atau kebetulan di rumah teman Anda ada yang memasang internet menggunakan jaringan telepon semacam speedy, pasti akan menemukan benda berbentuk kotak kecil ini. Yah… benda itu adalah router! Mengenai pengertian router, apa manfaat router dan bagaimana sistem kerjanya, akan dibahas dalam artikel ini.
pengertian router
Pengertian Router
Router merupakan suatu benda atau alat yang tugasnya menyampaikan paket data melewati suatu jaringan internet supaya sampai kepada tujuannya. Proses penyampaian paket daya yang terjadi ini dinamakan routing. Untuk nama router sendiri, sebenarnya disesuaikan dengan funginya. Jadi sebagai penyampai pesan melalui rute rute yang seharusnya.
Router sendiri mempunyai fungsi untuk menghubungkan dua jaringan atau lebih untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Ada istilah packet-filtering router yang artinya router mempunyai fitur penapisan paket.

Jenis-Jenis Router
Jenis router ada 3 macam yaitu router PC, router hardware, dan router aplikasi.
1. Router PC merupakan Sistem Operasi yang mempunyai fasilitas mensharing dan membagi IP Address.
2. Router Hardware merupakan perangkat yang mempunyai kemampuan seperti router, sehingga perangkat keras tersebut dapat membagi dan memancarkan, serta mensharing IP Address.
3. Router Aplikasi merupakan aplikasi yang bisa diinstal pada Sistem Operasi sehingga membuat Sistem Operasi itu mempunyai kemampuan seperti router, contohnya WinProxy, SpyGate, WinGate, dan WinRoute.

Manfaat Router
Manfaat Router adalah sebagai penyampai data yang dikirimkan oleh user atau perangkat yang digunakan agar bisa mengakses jaringan lain sesuai dengan input yang dilakukan si user. Selain untuk mengakses internet yang mendunia, router juga biasa digunakan untuk jaringan local (local area network).

Cara Kerja Router
Router memiliki fungsi yang banyak sesuai dengan keunggulannya, yaitu dalam hal menyampaikan paket data. Penyampaian ini sudah pasti akan sampai ke tempat yang memang seharusnya.

Pemasangan Router
Biasanya router berada di antara perangkat komputer dengan jaringan telepon, jadi input data yang dimasukkan oleh perangkat komputer akan diterima oleh router terlebih dahulu, baru kemudian disampaikan kepada host host yang menjadi tujuannya, lalu server atau host yang menerima pesan yang disampaikan akan memberikan tanggapan.
Selain untuk internet, router juga bisa dipergunakan untuk memparalelkan line telepon. Misalkan jika suatu perusahaan memiliki banyak sekali ruangan, tetapi ingin memiliki satu nomor telepon rumah.. maka jawabannya adalah memasang router untuk memparalelkannya.

4 komentar:

Next Prev
▲Top▲