Bunga Lavender

| Kamis, 14 Maret 2013



  Lavender atau lavendel atau Lavandula adalah sebuah genus tumbuhan berbunga dalam suku Lamiaceae yang memiliki 25-30 spesies. Asal tumbuhan ini adalah dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai India. Genus ini termasuk tumbuhan menahun, tumbuhan dari jenis rumput-rumputan, semak pendek, dan semak kecil. Tanaman ini juga menyebar di Kepulauan Canaria, Afrika Utara dan Timur, Eropa selatan (terutama Perancis selatan), Arabia, dan India. Karena telah ditanam dan dikembangkan di taman-taman di seluruh dunia, tumbuhan ini sering ditemukan tumbuh liar di daerah di luar daerah asalnya.

LAVENDER? Wow, bunganya sangat harum berwarna ungu. Nama latin-Nya Lavandula afficinalis syn.L. angustifolia (Lamiaceae) sosok pohonnya mirip rumput. Maka ada yang menyebut si Ungu, Rumput Raksasa. Tetapi ada juga yang menyebutnya si ilalang. Tanaman ini berasal dari Eropa, tepatnya di wilayah Perancis. Ia dimanfaatkan sebagai parfum. Perlengkapan upacara keagamaan (ritual) dan tanaman obat sejak zaman Romawi kuno.

Orang Roma menyebut Lavender dengan sebutan lavare yang artinya ‘mencuci’ atau ‘menyegarkan’. Kerena mereka merasakan bahwa aroma bunga Lavender mampu menyegarkan otak dan menjernihkan jiwa. Aroma ini diperoleh dari minyak (ekstrak) bunga Lavender. Yang mana, minyak tersebut dapat dijadikan parfum, minyak gosok, ramuan untuk mandi dan obat-obatan. Karena Lavender banyak manfaatnya, maka ia dijuluki Si Ungu Ajaib dan memiliki nilai jual tinggi.

      
MANFAAT dan KHASIAT BUNGA LAVENDER
Bunga Lavender nama latinnya Lavandula afficinalis syn.L. angustifolia (Lamiaceae), berbentuk kecil dan berwarna ungu, itulah penampakan bunga lavender. Tanaman ini berasal dari Eropa, tepatnya di wilayah Perancis. Ia digunakan sebagai parfum. Perlengkapan upacara keagamaan (ritual) dan tanaman obat sejak zaman Romawi kuno. Sebutan bunga lavender bagi orang roma adalah lavare yang artinya menyegarkan.

Tumbuh baik di ketinggian 600 –1.350 m dpl di mana semakin tinggi tempat tumbuhnya, semakin baik kualitas minyak yang dihasilkannya. Perbanyakan tanaman lavender biasanya dengan menggunakan bijinya. Biji-biji yang tua dan sehat di-semaikan. Bila sudah tumbuh, dipindahkan ke polibeg. Ketika tingginya mencapai 15 – 20 cm, dapat dipindahkan ke dalam pot atau ditanam di halaman rumah. Warna ungu yang menarik ini dapat digosokkan ke kulit, selain aroma wangi, anda pun akan terhindar dari gigitan nyamuk.

Sedangkan komposisi utama dalam minyak lavender adalah linalool asetat yang mampu mengendorkan dan melemaskan sistem kerja urat-urat syaraf dan otot-otot yang tegang. Karena khasiat inilah bunga lavender sering digunakan sebagai bahan lotion antinyamuk, aromaterapi, parfum, minyak gosok, ramuan untuk mandi dan obat-obatan.
Untuk cara penanaman bunga lavender tergolong sangat mudah dan murah, tinggal sebar bijinya yang sudah tua, maka tumbuhlah dia. Harganya juga terjangkau lho, harganya sekitar 5-7 ribu rupiah per kantong plastik ukuran 3 x 5 cm, kira-kira isinya 30-50 biji lavender siap tanam dan mudah didapat juga tentunya,tinggal beli aja sama abang tukang kembang yang biasanya nangkring di pinggir jalan.

Manfaat Perpaduan Minyak Zaitun dan Bunga Lavender


Tahukah anda manfaat dari minyak Zaitun dan bunga Lavender?
Tanaman Zaitun dalam bahasa Latinnya dikenal dengan nama Olea europaea L. Biasa disebut dengan Olive.
Beberapa jenis zaitun lainnya adalah Wild Olive (Olea africana), Oleaster (O. europaea var. oleaster), American Olive (Osmanthus americana), Fragrant Olive (O. fragrans). Zaitun merupakan salah satu tanaman pertanian yang tertua di dunia. Sejarah mencatat, bahwa pohon zaitun mempunyai berbagai macam manfaat. Tinggi pohonnya diperkirakan setinggi tiga meter, mempunyai daun berwarna hijau terang dan buah yang masak ranum berwarna ungu kehitaman serta amat kaya dengan vitamin A, B1, B2, C, D, E, K, dan zat besi. Seperti halnya dengan pohon kelapa, setiap bagian pohon zaitun memiliki manfaatnya sendiri-sendiri, antara lain:
Minyak zaitun yang diperoleh dari ekstrasi buahnya, amat jernih, berkilau, sangat mahal harganya, dan memberikan manfaat yang sangat baik terhadap kesehatan manusia. Minyak zaitun yang mengandung vitamin E merupakan antioxidant, dapat mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung dan kanker. Penelitian Harvard yang terbaru menyimpulkan bahwa lemak tak jenuh ganda seperti terdapat pada minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (low density lipoprotein) yang mana LDL merupakan kadar kolesterol darah jahat yang dapat menimbun di dinding-dinding arteri.

Jenis lemak yang dapat membantu mencegah kanker payudara adalah lemak tak-jenuh dalam minyak zaitun. Selain itu, minyak zaitun dapat memperhalus kulit yang kering, termasuk mengurangi keriput pada permukaan wajah. Hal tersebut tak lain karena buah zaitun yang mengandung minyak sebesar 15 persen sehingga mampu melembabkan kulit dengan baik. Di sisi lain, kelembaban tersebut akan menjaga elastisitas kulit sehingga meminimalkan munculnya keriput dini. Ada yang melakukannya dicampur dengan bahan lain, seperti buah advocad dan ada pula yang langsung mengoleskan minyak zaitun murni ke wajah. Kegunaan lainnya untuk perawatan kulit adalah dapat menjaga kelembaban kulit dan menjadikan kulit tampak bercahaya. Minyak zaitun dapat dioleskan ketika sedang mandi untuk merawat kesehatan kulit pada tubuh secara keseluruhan.

Dengan beragam manfaat inilah, tak heran bila minyak zaitun juga banyak ditemui sebagai salah satu bahan formula yang digunakan dalam produk-produk kecantikan. Minyak zaitun sangat baik pula untuk menjadikan rambut tumbuh lebih subur, hitam dan lebat. Konon hal ini telah dipraktekkan oleh Cleopatra di masa lalu. Salah satu cara yang mudah dalam pengaplikasiannya, yaitu minyak zaitun tersebut dapat dicampur saat penggunaan shampo yang biasa dipakai sehari-hari kemudian dibilas hingga bersih. Untuk mereka yang gemar masak-memasak seperti Penulis, minyak zaitun juga merupakan pengganti mentega atau margarin yang baik. Cara terbaik menggunakan minyak zaitun adalah dengan mencelupkan bumbu-bumbu kesukaan anda di dalamnya selama beberapa hari. Selanjutnya Anda tinggal menggunakan minyak tersebut untuk bumbu salad atau sebagai saus.

Minyak zaitun dapat disimpan dalam tempat lemari yang sejuk dan gelap hingga 6 bulan sejak dibuka, atau bisa hingga setahun jika tetap didinginkan setelah dibuka. Daun zaitun bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun/ketahanan tubuh manusia. Daun zaitun sudah lama dimanfaatkan oleh masyarakat Yunani kuno sebagai pembasuh luka. Daun zaitun juga dipakai sebagai obat kandung kemih dan riset menunjukkan, bahwa daun zaitun memiliki kemampuan membantu penurunan kadar gula dalam darah sebagaimana juga bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi. Daun tersebut juga mengandung zat anti mikroba dan sangat efektif memerangi sejumlah jamur, virus dan bakteri. Batang zaitun dapat dipergunakan sebagai bahan pembuatan perabot rumah tangga. Dari apa yang telah dituliskan di atas, Penulis sendiri telah terbiasa menggunakan minyak zaitun ini untuk masak-memasak setelah diketahui Penulis bahwa minyak zaitun ini jauh lebih populer penggunaannya di Amerika daripada di Indonesia.

Selain itu, sangat mudah menemukannya, karena hampir di semua supermarket dengan mudah Penulis mendapatkannya dari berbagai macam minyak zaitun yang dijual, dari level yang biasa-biasa saja hingga yang extra virgin. Harga termahal berlaku khusus untuk yang extra virgin. Umumnya minyak zaitun ini dalam kegiatan masak-memasak, digunakan sebagai pengganti minyak nabati/hewani, misalnya untuk meng-oseng bumbu-bumbu dalam memasak sayuran dan berbagai macam makanan lainnya. Selain untuk dressing pada salad, biasanya Penulis mencampurnya pada spaghetti sebelum dilumuri saos spaghetii di atasnya. Dengan cara ini akan membuat permukaan spaghetti lebih licin, juga memberikan cita rasa yang lebih sedap.

Tak lupa pula Penulis menggunakan produk spa untuk kuku yang mengandung minyak zaitun ini karena akan membuat kutikula kuku menjadi lebih lembut dan tak tampak retak-retak. Kali ini, saya ingin memadukan salah satu manfaat minyak Zaitun yang baik untuk kesehatan/perawatan kulit dengan salah satu manfaat dari bunga Lavender yang terkenal harum bau bunganya. Resep di bawah ini merupakan salah satu project dari Sylvia Costa (seorang Anggota Perkumpulan Rempah-rempah di Minnesota, USA) yang ditulis oleh Gail Johnson (Redaktur Pelaksana Gardening How-To, USA) dan diterjemahkan/diperbaiki/dilengkapi oleh Penulis sendiri (Life Member of National Home Gardening Club, USA) ke dalam Bahasa Indonesia.

Bahan-bahan:
– ½ cup bunga Lavender kering
– 10 tetes minyak Lavender essential (di USA dapat ditemui di toko-toko makanan alami atau dapat dibeli secara online)
– 4 sendok makan parutan lilin tawon (di USA dapat ditemui di toko-toko makanan alami atau dapat dibeli secara online)
– 1 cup minyak Zaitun (light atau virgin)
– Kompor/portable kompor
– Ketel kukus/double panci
– Sebuah mangkok/gelas pengukur cairan
– Sebuah alat penetes, baik berupa plastik atau kaca
– Kain keju/jenis kain yang dapat digunakan dengan baik untuk penyaringan
– Sebuah karet pengikat
– Beberapa container kecil untuk hasil akhir, lotion
– Tissue atau kain pembersih

Metode Pembuatan:
– Tuangkan 1 cup minyak Zaitun ke dalam ketel kukus/double panci.
– Tambahkan ½ cup bunga Lavender kering. Panaskan sekitar 15 menit. Sementara menunggu, tutuplah mangkok/gelas pengukur dengan selembar kain keju dan ikatlah dengan karet.
– Setelah itu, angkat panci dan pindahkan campuran minyak Zaitun dan bunga kering Lavender dengan hati-hati untuk disaring di atas kain keju yang telah disediakan.
– Setelah seluruh penyaringan selesai, buka karet pengikatnya dan peras secara keseluruhan. Pastikan anda melakukannya hingga minyak tak menetes lagi.
– Bersihkan tangan anda dari minyak dengan menggunakan tissue atau kain pembersih.
– Tempatkan gelas pengukur cairan ke dalam double panci. Dengan menggunakan sebuah alat penetes, tambahkan 10 tetes minyak Lavender essential secara hati-hati.
– Tambahkan 4 sendok makan parutan lilin tawon. Aduk perlahan dan panaskan hingga meleleh.
– Untuk mengetes kemantapan, letakkan sedikit minyak campuran tersebut di atas sendok dan masukkan ke dalam lemari es. Hasil yang baik, akan menunjukkan cairan seperti syrup. Bila terlalu encer, tambahkan parutan lilin tawon. Bila terlalu kental, tambahkan sedikit minyak Zaitun.
– Segeralah pindahkan hasil akhir minyak campuran itu ke dalam container-container kecil yang telah disediakan.
– Biarkan selama 2 jam. Setelah itu tutup dengan penutup container-nya.
– Minyak lotion ini sangat bermanfaat dan baik untuk kulit yang sangat kering terutama bagi anda yang memiliki telapak tangan yang sangat kering atau pecah-pecah. Baik pula digunakan pada siku atau lutut anda.
Galeri of Lavender :

0 komentar:

Poskan Komentar

Next Prev
▲Top▲