Perbedaan Bunga Lotus dan Bunga Teratai

| Kamis, 14 Maret 2013

Udah tau belum kalau bunga lotus itu beda dengan bunga teratai?. Bunga Lotus sering disamakan dengan bunga teratai. Dari beberapa sumber (wikipedia dan masic botanical info of lotus) Bunga lotus memiliki nama ilmiah Nelumbo nucifera nama ilmiah lainnya adalah Nelumbium nelumbo, Nelumbo speciosa, Nelumbium speciosum. Di Indonesia dikenal dengan bunga seroja, sedangkan di dunia dikenal dengan Sacred Water Lotus, Sacred Lotus, and Chinese Arrowroot, dan lain-lain.


sumber klik gambar
Sedangkan bunga Teratai memiliki nama latin Nymphae , di Dunia dikenal dengan Water Lily.
File:Nymphaea pubescens (Indian red water lily), Hyderabad, India - 20090613-02.jpg
sumber klik gambar
Kalau diperhatikan, bunga Lotus kelopaknya lebih lebar dan tidak teratur seperti teratai. Sedangkan Bunga Teratai kelopaknya teratur dan lancip-lancip. Lotus punya biji. Inilah yang membedakannya dengan bunga teratai. Dalam keadan yang menguntungkan bijinya bisa hidup bertahun-tahun. Tercatat ada biji-biji Lotus yang bisa tumbuh meski umurnya sudah 1300 tahun, biji-biji ini ditemukan di dasar danau kering di timur laut Cina. Lotus tumbuh di lumpur, dasar kolam atau rawa-rawa kemudian batangnya tumbuh tinggi ke atas. Daunnya juga tumbuh ke atas, tidak seperti teratai yang daunnya ada di permukaan air.

Bunga lotus adalah bunga nasional negara India dan Vietnam. Bunga lotus memiliki makna yang dalam. Kalau di sini menyebutkan bahwa Bunga lotus memiliki makna kelahiran kembali dan pencerahan spiritual, mewakili kesucian, umur panjang, kehormatan, kesehatan dan keberuntungan.
Ada juga yang menyebutkan begini “Bangsa china juga menjadikan “sacred lotus” sebagai lambang kemurnian dan keanggunan, hal ini dapat ditemui di dalam puisi china kuno. Ada suatu pernyataan terkenal yang dibuat oleh Zhou Dunyi seorang Confucian yaitu : I love the lotus because, while growing from mud, it is unstained.” ini saya kutip dari sini.

Bunga Lotus bukan hanya tanaman air yang indah dan kuat, tapi juga banyak punya manfaat. Selain sebagai tanaman hias.“Bunga, biji, daun maupun akar bunga lotus atau bunga seroja ini dapat dimakan. Kelopaknya dijadikan hiasan, daunya yang besar dijadikan bungkusan makanan, akarnya dapat dimakan mentah tapi dengan resiko transmisi parasit dan biasanya direbus dijadikan sop. Benang sari bisa dijadikan teh herbal, bijinya bisa dijadikan salah satu ramuan makanan terkenal Cina yaitu mooncake atau kue bulan” ini saya kutip dari sini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Next Prev
▲Top▲