10 Manfaat Madu Bagi Kesehatan

| Minggu, 17 Maret 2013


 
Madu Tawon
Madu mempunyai rasa yang manis dan lezat sehingga banyak disukai semua orang. Madu dihasilkan oleh hewan jenis serangga terutama lebah dari nektar bunga. Kandungan madu terdiri dari berbagai nutrisi yang sangat bagus bagi kesehatan seperti; frutkosa, glukosa, maltosa, mineral dll. Madu sangat bagus untuk dikonsumsi oleh Anda keluarga karena khasiat madu sangat besar.

Berikut adalah 10  khasiat dan manfaat madu yang perlu Anda ketahui:

1. Mengurangi berat badan
Madu mengandung berbagai vitamin dan mineral yang membantu melarutkan kolesterol dan lemak dalam tubuh. Vitamin dan mineral dari madu mentah meningkatkan metabolisme dan membuat tubuh dalam membakar lemak. Namun, madu saja tidak dapat membuat anda langsing secara cepat. Anda harus menggabungkannya dengan diet sehat dan olahraga jika menginginkan hasil yang baik.

2. Membuat anda cantik dan menawan
Madu juga banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk produk kecantikan. Madu merupakan pelembab dan pembersih kulit yang alami. Madu juga mempunyai sifat anti penuaan yang membuat anda awet muda dan juga menghilangkan sel-sel kulit mati di wajah.

3. Mengobati luka
Madu mempunyai kemampuan dalam menyembuhkan luka termasuk luka bakar. Hidrogen peroksida yang merupakan salah satu kandungan madu yang melawan luka. Madu juga menyerap semua kotoran dan cairan dari luka yang selanjutnya menghentikan pertumbuhan mikroorganisme dan bakteri. Madu juga memiliki sifat anti-inflamasi, mengurangi rasa sakit.

4. Mengandung banyak nutrisi
Seperti yang sudah disebut sebelumnya, madu mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk regulasi tubuh. Madu juga meningkatkan kekebalan tubuh. Madu mentah mengandung niacin, riboflavin, thiamine dan asam amino. Madu juga memiliki mineral seperti kalsium, tembaga magnesium, dan seng.

5. Meningkatkan stamina
Madu dapat merangsang tubuh anda dalam meningkatkan stamina dan mengurangi kelelahan. Madu terdiri dari glukosa, karbohidrat dan fruktosa yang cepat diasimilasi oleh tubuh manusia sehingga menjadi lebih berenergi.

6. Bagus untuk wanita hamil
Madu mampu memperkuat janin yang lemah dalam kandungan ibu. Cairan mirip sirup ini juga membangun stamina wanita hamil serta kesehatan bayi selama kehamilan.

7. Baik untuk bayi
Madu bagus dikonsumsi oleh semua kalangan umur termasuk bayi. Madu membantu otak bayi untuk berkembang yang mana otak sendiri setiap hari berkembang. Madu memberikan nutrisi penting untuk tubuh seorang bayi dan juga membantu dalam pertumbuhan otak bayi yang akhirnya meningkatkan IQ dan EQ bayi.

8. Menambah nafsu makan pada anak
Madu mempunyai unsur vitamin B secara lengkap yang membuat anak menjadi sehat, ceri, dan aktif. Madu juga melindungi anak dari penyakit. Anak yang sedang puberta dalam arti remaja juga bagus mengkonsumsi madu.

9. Membantu penyembuhan anemia
Madu mengisi ulang kandungan besi dalam darah. Hal ini sangat penting bagi orang yang tubuhnya telah kehilangan zat besi karena kondisi anemia.

10. Menyembuhkan penyakit mulut
Madu dapat menyembuhkan penyakit seperti penyakit periodontal Gingivitis dan lainnya. Jika sedang mengalami gusi bengkak, sangat bagus menjalankan diet madu. Madu juga membantu anak-anak dalam menumbuhkan gigi susu.

0 komentar:

Poskan Komentar

Next Prev
▲Top▲