Tips Olahraga di Rumah

| Kamis, 28 Maret 2013



Untuk olahraga di dalam rumah, sebagai pemula, Anda bisa memulai dengan 2-3 seminggu, sebanyak 2-3 set dengan 10-12 repetisi tiap set. Jangan lupa untuk beristirahat setiap 1 menit di tiap pergantian set. Contoh gerakan yang bisa Anda lakukan di rumah adalah :

1. Crunch
Gerakan ini untuk merampingkan otot perut. Dilakukan dengan posisi tidur telentang dengan kedua lutut dibengkokkan. Silangkan kedua tangan di bahu. Gerakannya mirip dengan sit up tetapi hanya dilakukan separuhnya (tidak sampai mencium lutut). Keluarkan nafas pada waktu menggunakan otot-otot perut utnuk mengangkat kepala. Pastikan leher dan tulang belikat di lantai. Turunkan dan ulangi sampai 12 kali.

2. Dips
Gerakan ini berfungsi untuk melatih otot triseps pada lengan. Lakukan gerakan dengan bantuan kursi atau meja yang kukuh. Posisikan badan membelakangi kursi, letakkan kedua tangan pada tepi kursi dan bengkokkan kaki, seperti posisi duduk. Tekuk lengan hingga 90 derajat sehingga bokong ikut turun. Kembali ke posisi awal dan lakukan 10-12 repetisi.

3. Squat
Berfungsi untuk melatih paha atas, paha bawah, dan bokong. Dilakukan pada posisi berdiri, tangan menyilang pada bahu, sedangkan posisi kaki terbuka selebar pinggul sejajar bahu. Berat badan dibebankan pada tumit dan punggung lurus. Bengkokkan kedua lutut (seperti gerakan ingin duduk). Kemudian kembali ke posisi awal.

0 komentar:

Poskan Komentar

Next Prev
▲Top▲