Pengertian dan Fungsi Chipset

| Senin, 04 Maret 2013

Pengertian Chipset :


Secara fisik, chipset berupa kumpulan IC kecil atau chips ,yang di rancang untuk bekerjasama dan memiliki fungsi-fungsi tertentu pada sistem hardware komputer, chipset terdapat pada motherboard, (kartu-kartu ) ekspansi , misal pada kartu grafis (video card), atau pada peralatan komputer lainnya, fungsi chipset pada motherboard tidak sama dengan chipset pada kartu-kartu ekspansi. begitu pula fungsi chipset pada peralatan komputer lainnya. Masing-masing memiliki fungsi sendiri yang bersifat spesifik.
Fungsi Chipset :
Chipset pada video card berfungsi untuk mengontrol rendering grafik 3 dimensi dan output berupa gambar pada monitor.
Sedangkan chipset pada motherboard berfungsi untuk mengontrol input dan output(masukan dan keluaran) yang mendasar pada komputer. lebih jelasnya bahwa chipset yang terdapat pada motherboard berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu komonen ke komponen lainnya. misalnya, mengarahkan data dari CPU (processor) menuju kartu grafis (video card) atau ke sistem memory ( RAM), serta mangarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O.
Pada kasus ini , dapat di ibaratkan bahwa chipset seakan-akan berfungsi sebagai 'polisi lalu lintas' pengatur aliran data pada motherboard di sebuah PC (personal komputer) .
Macam-macam chipset :

1.) Chipset South :
Merupakan salah satu dari dua chip pada chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan plug and play, menjebatani PCI dan ISA, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power manajemen dan perangkat lain,
Fungsi : dapat mengatur input dan output pada komputer, termasuk pci dan isa bus, processor, memory (ram) cache,dan 
2.) Chipset North :
Merupakan bagian yang menghubungkan processor (CPU) ke sistem memori dangraphics controller (AGP dan PCI express) melalui bus berkecepatan tinggi, dan ke southbridge. yang berfungsi untuk mengawal komonikasi antara CPU,RAM module , AGP atau PCI-E dan southbridge,
Fungsi : Mengawal komunikasi antara CPU, RAM module, AGP atau PCI-E dan southbridge.chipset bekerja sama untuk mengaktifkan fungsi komputer.

0 komentar:

Poskan Komentar

Next Prev
▲Top▲