Pengertian Printer

| Senin, 04 Maret 2013

Pengertian Printer adalah alat untuk mencetak data yang dikirim oleh komputer, baik berupa teks, gambar, tabel, atau pun foto. Setelah data tersebut Anda kirimkan dari komputer, kemudian Anda memerintahkan untuk memproses data, printer akan memprosesnya dan akan mencetaknya ke kertas yang sudah Anda sediakan. Pada gambar berikut ini saya akan menunjukkan bagian-bagian yang terdapat pada printer.
Bagian-bagian printer 



Pada gambar di atas merupakan gambaran bagian-bagian dari printer pada umumnya. Selain bagian-bagian pada printer di atas, printer juga mempunyai komponen yang lain, sebagai contoh adalah kabel data, power adaptor, dan yang paling penting adalah Cartridge.
Jenis-jenis Printer di kelompokkan ke dalam beberapa tipe yakni:

1. Printer Dot Matrix


Printer dengan teknologi Dot Matrix ini menggunakan alat semacam jarum dalam menghasilkan sebuah cetakan baik itu berbentuk teks, tabel, maupun gambar. Model dan jumlah jarum yang dipakai sangat bervariasi untuk setiap produsennya. Saya contohkan, printer jenis ini dapat Anda temukan pada wartel, supermarket, apotik, atau pun perusahaan pembiayaan. Model printer ini menggunakan semacam pita berwarna dalam menghasilkan cetakan.
2. Printer Bubble Jet

Printer jenis ini masih bertahan hingga sekarang dan terus berkembang hingga saat ini. Teknologi ini lebih diminati oleh banyak orang, karena hasil cetakannya lebih baik dan lebih cepat jika dibandingkan dengan teknologi sebelumnya seperti Dot Matrix. Model tintanya pun berbentuk cairan yang warnanya bermacam-macam tergantung pada setiap teknologi yang dimiliki oleh printer jenis ini, seperti contoh RGB(Red Green Blue) atau pun CMYK(Cyan Magenta Yellow Black) setiap teknologi warna di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
3. Printer Laser Jet


Pada tipe ini menggunakan Laser sebagai alat dalam menghasilkan cetakan. Sistem kerjanya hampir sama dengan mesin foto copy, dimana tintanya berbentuk serbuk yang di lewatkan pada alat pemanas dengan suhu yang sangat tinggi.
Berikutnya saya akan memberikan tips cara mengoperasikan Printer. Yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah menginstal software driver pada komputer atau laptop Anda. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Hubungkan kabel data dan adaptor pada printer
  2. Sambungkan kabel adaptor pada sumber listrik
  3. Nyalakan komputer atau laptop, tunggu sampai proses booting selesai
  4. Nyalakan printer dengan menekan tombol power
  5. Masukkan CD Software Driver ke dalam komputer atau laptop Anda
  6. Tunggu sampai muncul tampilan instalasi hardware di layar
  7. Ikuti petunjuk di layar sampai tahap dimana instalasi meminta untuk menghubungkan printer ke komputer
  8. Tancapkan kabel data USB printer ke dalam komputer, tunggu sampai proses pendeteksian selesai.
Setelah komputer atau laptop Anda dapat mengenali printer dengan baik, maka printer siap untuk di gunakan untuk mencetak data dari komputer atau laptop Anda. Berikut ini langkah-langkah untuk mencetak data dari komputer atau laptop Anda:
  1. Bukalah program aplikasi yang akan Anda gunakan untuk mencetak data
  2. Klik menu file
  3. Pilih Print
  4. Klok OK/Print
  5. Tunggu sampai proses mencetak selesai.

0 komentar:

Poskan Komentar

Next Prev
▲Top▲