Komputer Mati Total

| Sabtu, 23 Februari 2013

Matot atau Komputer Mati Total sering terjadi pada komputer pada saat ini, banyak faktor yang menyebabkan suatu komputer terjadi mati secara total dengan sendirinya, saya juga pernah mengalami matot pada komputer yang saya pakai sekarang, namun kebanyakan kita kurang menyadari dan kurang teliti dalam hal menganalisa suatu komputer mati total tersebut, paling juga kita akan langsung bilang bahwa komputer yang matot tadi sudah rusak, coba kita analisa dahulu sebelum kita merencanakan untuk mengganti dengan yang baru, karena tidak semua komputer mati total sudah rusak.


coba kita analisa berbagai penyebab yang sering terjadi pada komputer yang matot tadi, dan anda bisa melakukan dari tips di bawah ini :
komputer mati total

analisa komputer mati total sebelum ganti baru

1. Pastikan bahwa kabel – kabel listrik pada komputer terpasang dengan benar dan kuat, bisa anda cek misal pada power suply CPU apakah sudah kuat terpasang, dan juga cek kabel monitor juga apa sudah kuat pemasangan kabel listriknya.

2. jika langkah diatas sudah di cek dan benar, maka silahkan mencoba membuka casing cpu dan lihat juga apakah kipas procesor dan kipas vga nya bekerja dengan baik? karena kalau kipas tersebut tidak berputar, otomatis suhu panas yang ditimbulkan dan motherboard akan secara otomatis mematikan mesin komputer tersebut, dikarenakan panas yang berlebihan, bayangkan kita aja kalo kpeanasan butuh kipas..(geraaaaah tahu) begitu juga komputer.

3. jika kipas berputar semua dan berfungsi dengan baik, coba kita lakukan pembersihan total pada motherboard, cabut seluruh kabel data dan kabel power serta angkat motherboard keluar dan bersihkan dengan kuas lembut atau vacum cleaner agar debu yang selama ini tidak dibersihkan akan terangkat keluar, karena debu merupakan salah satu penyebab bahwa komputer mati total karena kotor dan tidak terawat.

4. cek juga RAM anda, bersihkan dan pasang kembali semuanya dengan benar, jika tidak ada kerusakan pada komponen elektronik di komputer mati total tersebut, kita tidak mesti mengganti yang baru, kita hanya perlu menganalisa komputer yang mati tadi, kemunginan bisa RAM sudah tewas, Kipas mati, prosesor panas dll yang menyebabkan tidak berfungsinya suatu komputer tadi.

sudah dilakukan semua langkah tadi coba anda hidupkan kembali komputer yang mati total tersebut, mudah – mudahan sudah mau hidup kembali, nah kalo sudah hidup kembali, koneksikan internet anda dan jangan lupa download winbox serta dns jumper untuk keperluan internet.

0 komentar:

Poskan Komentar

Next Prev
▲Top▲