Cara Merakit Komputer

| Rabu, 20 Februari 2013
Komponen untuk merakit komputer ada bermacam-macam jenis dan merek, baik komponen atau hardware utama sampai ke komponen aksesoris. Jadi ada baiknya sebelum anda membeli atau merakit komputer sendiri, pertimbangkan tujuan dari penggunaan komputer tersebut, misalnya untuk gaming, multimedia, desain grafis atau hanya untuk pekerjaan office dan pengetikan biasa.

Cara merakit komputer sebenarnya gampang-gampang susah, tetapi dengan seringnya kita melakukan percobaan secara bertahap, orang yang belum pernah sekalipun pasti bisa melakukannya. Kenapa demikian, karena merakit komputer adalah ilmu pasti, sebagai contoh slot untuk bagian komponen komputer sudah dibuat sedemikian rupa, sehingga tidak akan terbalik, salah pasang atau tertukar posisinya. Mungkin kesulitan untuk yang baru belajar terdapat pada bagian setting jumper dan pengaturan maksimal pada menu BIOS, walau sebenarnya pengaturan ini bisa diload otomatis ke optimal default pada menu BIOS.

Perhatian : Artikel ini hanya menjelaskan beberapa komponen dasar untuk merakit komputer, sedangkan fungsi-fungsinya tidak akan dibahas disini. Lalu cara merakit komputer akan dibahas pada artikel berikutnya.

Komponen Utama Komputer Desktop
Chasing
Pilih yang type full tower, jadi bila ingin menambah komponen lainnya masih ada cukup ruang di chasing tersebut, sehingga sirkulasi udara didalam chasing pun tidak terlalu panas, perhatikan juga besar power suplynya.

Motherboard
Perhatikan type soket processornya, untuk intel atau AMD, seberapa tinggi kecepatan processor yang didukung oleh motherboard tersebut, seberapa besar ram yang dapat digunakan, untuk para gamers dan multimedia editing perhatikan slot VGA nya, untuk interface hard disk dan optical drive saat ini biasanya sudah type SATA.

Processor
Sesuaikan dengan soket motherboard yang sudah anda beli atau miliki, contoh : Soket LGA misalnya. Perhatikan kecepatannya dan ingat tujuan anda merakit komputer, dipasaran tersedia intel dual core, core 2 duo, core i7, AMD dll.

Memory
Semakin besar memorynya semakin cepat kinerja komputer tersebut, perhatikan seberapa besar memory yang dapat dipasang pada motherboard anda, Saat ini kebanyakan memory type DDRII dan DDRIII yang digunakan.

Hard Disk
Type ATA dan SATA adalah yang paling umum digunakan, tapi saat ini kebanyakan sudah memakai type SATA, jadi pilih type ini. besarnya kapasitas penyimpanan ini sesuaikan dengan kebutuhan.

CD/DVD room
Sampai artikel ini dibuat, rata rata orang sudah memakai type DVD-RW karena type tersebut sudah bukan menjadi barang yang mahal, jadi pilih type ini, atau anda berniat memakai type Blueray,

VGA (Video Card)
Para gamer atau multimedia editing wajib memakai komponen ini, saat ini rata-rata PCI Express yang digunakan. Intinya semakin besar kapasitas memorynya semakin cepat respon dan tampilan grafisnya, tetapi jangan lupa perhatikan refresh bitnya usahakan yang 256 bit. Untuk komputer sederhana VGA onboard atau VGA yang sudah ada pada motherboard sudah cukup.

Sound Card
Tidak terlalu penting karena sound card onboard pun sudah cukup. Untuk keperluan studio atau multimedia editing sound card menjadi sebuah pertimbangan lain.

Keyboard dan Mouse
No comment, tinggal pilih sendiri, dipasaran tersedia type yang simple, type keyboard internet atau type keyboard untuk gaming dan multimedia. Silakan pilih sesuai kebutuhan.
Monitor

Untuk monitor saat ini sudah jarang yang CRT atau type tabung, rata-rata sudah type LCD. Untuk yang satu ini sesuaikan dengan dana anda, perlu diketahui, Monitor LCD gambarnya lebih tajam namun bila dilihat dari samping gambar yang ditampilkan kurang jelas.

Printer
Printer jenis Inkjet cukup bagus untuk mencetak gambar, printer type laserjet memiliki kecepatan dan efisiensi. Maaf untuk yang dananya cekak bisa nyusul belinya.

Speaker
Komponen yang wajib buat saya, karena "ibarat hidup tak berkuping" bisa dibayangkan bila komputer tidak bersuara.

Itulah komponen untuk merakit komputer desktop, bagaimana cara merakitnya silakan klik cara mudah merakit komputer. Thanks sudah membaca artikel ini. Untuk yang ingin menambahkan silakan ditunggu komentarnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Next
▲Top▲