Pengertian firewall dan jenis firewall

| Jumat, 22 Februari 2013
Pengertian firewall disini dapat dianggap sebagai sebuah gatekeeper yang mempunyai hak mengatur siapa-siapa saja orang yang berhak masuk dan keluar pintu berdasarkan daftar dari orang-orang yang telah di tentukan sebelumnya. pengertian firewall dalam hal ini Firewall memberikan perlindungan terhadap penyerang luar dengan melindungi komputer atau jaringan dari lalu lintas internet berbahaya atau lalu lintas yang tidak di inginkan, inilah penjelasan terkait dengan Pengertian firewall untuk lebih jelasnya silahkan baca di wikipedia mengenai pengertian firewall.
  
Pengertian Firewall
Pengertian firewall dan jenis firewall
Sama seperti peran gatekeeper,  pengertian firewall disini memantau lalu lintas jaringan yang masuk dan keluar ke dan dari sistem komputer dan memungkinkan atau menolak komunikasi dari komputer dengan komputer lain yang terhubung melalui Local Area Network (LAN). Karena dalam komunikasi jaringan, paket yang dikirim melalui kabel atau melalui media nirkabel, firewall memungkinkan atau menolak komunikasi berdasarkan alamat IP sumber atau tujuan, MAC sumber atau tujuan alamat, nomor port masuk atau keluar, protokol yang digunakan untuk mentransfer , dll Firewall juga dapat memantau dan mengontrol komunikasi yang terjadi antara komputer dan internet atas dasar kriteria yang disebutkan di atas.

Jenis Firewall
Ada dua jenis firewall yang tersedia di pasar saat ini. Mereka adalah:
  
Hardware : ini adalah jenis  firewall berupa perangkat hardware yang dibuat khusus untuk memberikan keamanan. Karena hardware firewall adalah perangkat khusus yang dirancang dan dikembangkan untuk tujuan tersebut, mereka dianggap solusi terbaik untuk keamanan organisasi dan perlindungan informasi sensitif. Hardware firewall sebagian besar digunakan dalam lingkungan produksi dan tidak mungkin bahwa mereka dibeli untuk rumah. Alasan di balik ini adalah bahwa firewall hardware sulit untuk mengkonfigurasi dan membutuhkan profesional yang terampil dan berkualitas untuk melaksanakan keamanan di dalamnya efisien. Karena komputer rumah tidak memiliki informasi sensitif dan tidak pengguna rumah diharapkan menjadi profesional dan teknis suara untuk dapat mengkonfigurasi firewall hardware, penggunaan firewall ini hanya terbatas pada media keamanan berorientasi atau organisasi berskala besar.

Software : Ini adalah aplikasi firewall perangkat lunak yang dapat diinstal pada sistem komputer seperti aplikasi lainnya. Setelah instalasi, perangkat lunak firewall harus dikonfigurasi tepat untuk mengizinkan atau menolak komunikasi antara komputer dan jaringan / internet tergantung pada sifat dari paket. Meskipun ada firewall beberapa perangkat lunak yang tersedia di pasar yang tepat dikembangkan untuk tujuan keamanan, firewall ini tidak seefisien firewall hardware.
Ketersediaan Firewall Software dan Hardware

Karena hardware firewall  adalah entitas yang nyata, mereka tidak bisa di-download dari Internet dan karena itu mereka harus dibeli dari pasar. Di firewall perangkat lunak sisi lain adalah aplikasi dan dapat dengan mudah download dari internet dan juga dapat dibeli dari pasar lokal. Ketika software  firewall  di-download, pengguna dapat melakukan pembayaran melalui kartu kredit atau metode lainnya silahkan baca ulang pengertian firewall yang saya maksud

Selain itu, setiap sistem operasi Microsoft Windows saat ini memiliki firewall built-in yang secara default diaktifkan dan terbukti menjadi solusi perlindungan yang baik untuk komputer. Ini built-in firewall secara teknis dikenal sebagai ‘Firewall Windows’.
Perbedaan Firewall dan Aplikasi Antivirus

Mayoritas pengguna salah paham bahwa aplikasi antivirus  dan firewall adalah satu dan hal yang sama, tetapi kenyataannya adalah bahwa firewall dan antivirus adalah berbeda silahkan baca ulang pengertian firewall di atas . Sebuah aplikasi antivirus mendeteksi dan menghapus program virus atau script berbahaya yang telah dimasukkan ke dalam sistem, sedangkan firewall tidak dapat mendeteksi aplikasi tersebut tetapi mencegah paket yang tidak diinginkan masuk ke dalam sistem. Oleh karena itu selalu merupakan praktik yang baik untuk memiliki keduanya, firewall yang kuat dan aplikasi anti-virus yang efisien diinstal pada komputer untuk mendapatkan keamanan maksimum.  Untuk mempermudah, aplikasi antivirus paling saat ini juga memiliki built-in firewall di dalamnya untuk memberikan keamanan yang lengkap ke sistem komputer yang dipasang.

3 komentar:

  1. Hallo kita ada juga nih artikel tentang 'Firewall' silahkan kunjungi dan dibaca. Ini linknya;
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/4954/1/Presentasi%20PI.pdf
    Thank you.
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  2. terima kasih postingannya sangat membantu
    kalo ada waktu baca juga tips & trik seputar komputer dan symbian di http://imanjayoda.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. terimakasih artikelnya mba anisa christanti, kebetulan saya juga ada artikel tentang firewall

    BalasHapus

Next Prev
▲Top▲