Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector

| Sabtu, 23 Februari 2013
Masalah Bad Sector adalah masalah yang sering sekali terjadi. Sayangnya, belum ada software yang bisa memperbaikinya sampai 100% berhasil. Biasanya gejala Bad Sector itu mulai muncul jika sudah mulai parah. Tanda-tanda hardisk anda mengalami Bad Sector itu banyak sekali, diantaranya Komputer tidak merespon perintah, komputer terasa lebih lambat, penggunaan CPU yang tinggi (bahkan terkadang sampai 100%) walaupun tidak membuka banyak aplikasi komputer. Hal ini disebabkan oleh bingungnya komputer untuk membaca/menulis pada hardisk.

Jika kerusakan Bad Sector belum terlalu parah, maka anda masih dapat memulihkan hardisk anda walaupun tidak 100% kembali seperti semula.


CARA 1
1. Gunakan CheckDisk. Klik kanan pada drive lalu klik bagian paling bawah (properties). Kemudian masuk ke tab Tools dan pilih menu Error-Checking yang paling atas.

2. Kemudian click Check Now, dan checklist semua option yang diberikan.


3. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai.

CARA II
Gunakan Command Prompt. Walaupun pada dasarnya cara kerja sama dengan cara pertama, namun saya rasa menggunakan command promot lebih  akurat dan lebih bagus.

1. Buka Command Prompt ( Start > Run > cmd ) enter.
2. Setelah muncul jendela command prompt, ketik perintah berikut:
chkdsk /f drive:
Note: drive anda ganti sesuai huruf partisi. Contoh anda ingin memperbaki bad sector pada drive C. Maka perintahnya:
chkdsk /f c:
(enter)
Jika drive yang ingin anda perbaiki sedang diakses, maka akan muncul notifikasi seperti ini:


3. Tekan Y lalu enter. Kemudian restart komputer.

Setelah proses booting berikutnya, proses perbaikan bad sector akan berjalan. Biarkan dan tunggu sampai proses selesai, biasanya hanya beberapa menit saja. Tentunya semakin besar kapasitas hardisk maka semakin lama prosesnya.

CARA III
Untuk cara yang ke-3, kita akan menggunakan Tool sederhana yang berbasis command line. Tool ini dapat merapihkan kembali hardisk, namun sekali lagi tidak akan memperbaiki 100% bad sector. Tool ini bernama HDD Generator.
1. Download tool ini di sini. atau di sini.
 
2. Klik tab paling atas bertuliskan:
Click here to repair.....
3. Kemudian pilih hardisk yang ingin di perbaiki dan klik start process.


4. Kemudian akan muncul jendela hitam. Pilih Scan and repair. Dan tunggu sampai proses selesai. Pengalaman saya, proses perbaikan dengan tool ini memakan waktu yang cukup lama. Semakin besar kapasitas hardisk, maka bertamba lama pula proses perbaikanya.

Bad sector banyak penyebabnya, diantarnya seringnya komputer mati mendadak. Disaat piringan hardisk berputar cepat, lalu tiba-tiba listrik padam. Putaran piringan hardisk tersebut akan 'dipaksa' berhenti yang menyebabkan terjadinya bad sector. Dan penyebab lainnya, anda tidak mematikan komputer dengan urutan yang benar. Biasanya langsung mematikan melalui tombol power yang ditekan terus menerus sampai komputer mati. Atau bisa juga karena usia hardisk yang sudah batas.
Jika bad sector yang anda alami disebabkan kerusakan fisik, maka tidak bisa dengan cara-cara di atas.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲